Sebenarnya baru beberapa hari kemarin saya folow akun ig @relawanjurnal_id, lha koq ndilalah pas ada info giveaway “100 tulisan, 10 juta rupiah”, ha yo melok tah.. wkwk. Meskipun di keterangannya tema tulisan tentang pengalaman ikut acara Relawan Jurnal Indonesia (RJI) atau testimoni tentang RJI, lha karena saya baru beberapa hari kenal ya satu-satunya pengalaman ikut acara RJI ya ikut giveaway ini. Semoga bisa dimaklumi ya min.

Tapi sebenarnya meskipun baru beberapa hari kenal, tentang RJI sudah saya dengar cukup lama. Saya ikut mengelola jurnal di kampus sejak 2014 sebagai site administrator. Dan kalau boleh numpang promo bisa cek link berikut https://ejournal.uin-malang.ac.id. Itu hasil custom dari default tampilan yang disediakan aplikasi pengelola jurnal yang kami pakai yaitu Open Journal System (OJS).

Balik ke RJI kenapa sudah lama dengar tapi gak kunjung join, karena saat itu yang saya dengar forumnya baru tersedia di facebook, sementara saya puasa menggunakan facebook saat itu. Baru hari-hari ini saya tahu ternyata selain facebook dan ig yang barusan saya follow, forumnya ternyata sudah tersedia sendiri di alamat https://forum.relawanjurnal.id/. Bukan cuma forum saja, webnya ternyata juga ada di alamat https://relawanjurnal.id/ bahkan official whatsapp nya juga ada. Mantap betul (y).

Yang saya belum tahu kenapa namanya koq Relawan Jurnal, kenapa koq bukan pengelola jurnal, pegiat jurnal, komunitas jurnal atau yang lain. Kenapa koq “Relawan”. Padahal sebagaimana kita tahu konotasi relawan biasanya untuk kerja sukarela tanpa imbalan. Lha padahal mengelola jurnal ki gak gampang jee. Lumaayaan repotnya. Bukan cuma soal teknis aplikasinya saja, mengelola non teknisnya pun sama. Atau malah lebih ribet ya? #curhat

Yang jelas saya sangat mengapresiasi adanya perkumpulan relawan jurnal indonesia ini. Banyak informasi bermanfaat untuk kita-kita yang berkecimpung di dunia pengelolaan jurnal. Dan saya tentu akan semakin mengapresiasi kalau misal terpilih sebagai salah satu penerima giveaway-nya. Eh.. 😀

Categories: Miscellany

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *