Salah satu skill yang menjadi langka saat ini adalah Deep Work. Deep Work sebagaimana didefiniskan Cal Newport di bukunya adalah aktifitas profesional di mana kita bisa berkonsentrasi penuh tanpa gangguan sehingga mendorong kemampuan kognitif kita sampai batas puncaknya. Pekerjaan yang dilakukan dengan Deep Work akan menghasilkan karya yang maksimal dan susah ditiru. Jadi jika hasil kerja kita biasa-biasa saja bisa jadi kita bekerjanya tidak dalam kondisi Deep Work tapi Shallow Work.

Nah di antara gangguan-gangguan tersebut adalah banyaknya notifikasi atau pemberitahuan di layar HP atau Laptop kita. Beberapa pemberitahuan memang penting tapi jika tidak kita kelola dengan baik hanya akan mengganggu saja. Kali ini yang mau saya bahas adalah bagaimana memblokir salah satu gangguan tersebut yang berupa Web Push Notification.

Jenis-Jenis Notifikasi

Jadi notifikasi di gadget kita ada 2 jenis, In-App Notification dan Web Push Notification. In-App Notification adalah notifikasi yang dikirim ke gadget kita dari aplikasi yang kita instal. Misal app Social Media seperti Twitter dan Facebook, app Online Shop seperti Shopee dan Tokopedia, atau app-app yang lain. Sedangkan Web Push Notification adalah notifikasi yang dikirim ke gadget kita dari website yang pernah kita kunjungi.

Biasanya ketika pertama kita membuka website akan muncul pop up yang menanyakan apakah kita mengijinkan website tersebut untuk mengirim notifikasi ke gadget kita atau tidak. Ketika kita mengijinkan maka secara teratur website tersebut akan mengirimkan notifikasi entah itu berita terbaru, promo, atau yang lain. Kita bisa saja tidak mengijinkan website tersebut mengirimkan notifikasi ke gadget kita, tapi lain kali ketika kita membuka website itu lagi akan muncul pop up yang sama lagi dan lagi. Itulah yang menyebalkan.

Untuk langkah memblokir Web Push Notification pada artikel ini yang saya bahas hanya Firefox dan Chrome karena merupakan 2 di antara banyak pilihan browser yang paling banyak digunakan saat ini.

Memblokir Web Push Notification Pada Browser Firefox

Saya menggunakan Firefox versi 80. Jika kalian menggunakan versi yang berbeda mungkin akan ada sedikit perbedaan tata letaknya. Yang saya jadikan contoh adalah website mojok.co yang kebetulan sedang saya kunjungi.

Untuk memblokir notifikasi seperti pada gambar “sebelum” di atas, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Pada pojok kanan atas klik icon Menu (strip 3) kemudian pilih menu “Options”.

b. Setelah terbuka tab menu, pilih menu “Privacy & Security” pada sisi kiri kemudian klik tombol “Settings” di sebelah kanan menu “Notifications”.

c. Setelah muncul Pop Up Settings Notification Permissions, centang pilihan “Block new request..” kemudian klik tombol “Save Changes”.

Memblokir Web Push Notification Pada Browser Chrome

Untuk Chrome saya menggunakan versi 85. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

a. Pada pojok kanan atas klik icon Menu (titik 3) kemudian pilih menu “Settings”.

b. Setelah terbuka tab menu, pilih menu “Privacy and Security” pada sisi kiri kemudian pilih menu “Site Settings”.

c. Selanjutnya pada layar yang muncul pilih menu “Notifications”.

d. Kemudian matikan pilihan “Sites can ask to send notifications” pada layar. Jika warnanya abu-abu berarti sudah mati, jika warnanya biru berarti masih menyala.

Setelah langkah-langkah di atas selesai semua notifikasi akan terblokir dan Anda bisa menikmati aktifitas browsing tanpa terganggu notifikasi yang tidak perlu.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *